Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Pembelajaran Mendalam


 

Format RPP Pembelajaran Mendalam

1. Identifikasi

a. Peserta Didik (Opsional)

    Kesiapan awal (pengetahuan, minat, latar belakang, kebutuhan)

b. Materi Pelajaran (Opsional)

    Jenis pengetahuan, relevansi, tingkat kesulitan, integrasi nilai

c. Dimensi Profil Lulusan

Pilih dimensi sesuai tujuan pembelajaran:

  • Keimanan & Ketakwaan
  • Kewargaan
  • Kreativitas
  • Penalaran kritis
  • Kemandirian
  • Kolaborasi
  • Komunikasi
  • Kesehatan
2. Desain Pembelajaran

a. Capaian Pembelajaran (Opsional)

b. Topik Pembelajaran (Opsional)

c. Tujuan Pembelajaran

    Menggunakan kata kerja operasional dan mengacu pada kompetensi.

d. Lintas Disiplin Ilmu (Opsional)

e. Praktik Pedagogis

    Metode: PjBL, PBL, Inkuiri, Kontekstual, dll.

f. Lingkungan Pembelajaran

   Ruang belajar aman, nyaman, mendukung.

g. Pemanfaatan Digital (Opsional)

    Video, LMS, Forum Daring, Kuis online, dll.

h. Kemitraan Pembelajaran (Opsional)

    Kolaborasi guru, siswa, orang tua, komunitas, DUDI, dll.

3. Pengalaman Belajar

a. Awal

  • Orientasi & apersepsi bermakna
  • Motivasi yang menggembirakan
b. Inti

   Memahami: Membangun konsep dari berbagai sumber

  Mengaplikasi: Praktik nyata dalam kehidupan

   Merefleksi: Evaluasi diri, rencana tindak lanjut

c. Penutup

   Umpan balik, simpulan, dan perencanaan lanjutan

4. Asesmen Pembelajaran

   3 Jenis Asesmen:

  • As Learning (penilaian diri/sejawat)
  • For Learning (umpan balik selama proses)
  • Of Learnig (hasil pembelajaran & tindak lanjut)
Teknik & Instrumen

  • Observasi, portofolio, penilaian proyek/produk
  • Penilaian diri & sejawat
  • Tes tulis/lisan, rublik kinerja.

Post a Comment for "RPP Pembelajaran Mendalam"